Past Events Master

Purnati di Banda

 

Purnati di Banda, adalah kegiatan Yayasan Bali Purnati yang bertujuan untuk melakukan pengembangan dan pemberdayaan Masyarakat, Komunitas dan Warisan Budaya yang ada di Banda baik benda ataupun tak benda.

Mendatangkan 6 orang seniman, 1 orang maestro fotografi, dan 2 orang ahli dari Badan Pelestarian Pusaka Indonesia. Guna bersama melakukan pengembangan dan pemberdayaan Masyarakat, Komunitas dan Warisan Budaya pada bidang keilmuan masing-masing para ahli.

Purnati di Banda dibagi dalam 3 jenis kegiatan, yaitu:

  1. Workshop Seni Pertunjukkan,

  2. Penjelajahan Ruang dan

  3. Lokakarya Kota Pusaka.

"Melacak peninggalan masa lalu untuk dirawat, dikembangkan, serta dijadikan pembelajaran dimasa depan, dari Banda kita menjaga Nusantara."

Spanduk Banda- PSD.jpg
 
 

Workshop Seni Pertunjukkan:

Program ini bertujuan untuk mendukung gerakan Pengembangan Komunitas dan masyarakat dalam bidang kesenian; Tari, Teater, Musik dan Manajemen Produksi.

SHOWCASE NAGRI BABUNYI

Karya “Nagri Babunyi” adalah sebuah presentasi kecil dari hasil workshop seni pertunjukan yang melibatkan ± 66 orang generasi muda Kepulauan Banda yang diselenggarakan dari tanggal 26 hingga 31 Oktober 2020. Persentasi kecil ini berupa showcase karya kolaborasi lintas disiplin seni; tari, teater, musik, dan color guard dengan mengambil inspirasi Banda baik sebagai ruang, maupun Banda sebagai tema besar sekaligus trigger dalam proses eksplorasi kreatif.

“Adalah waktu yang mengantarkan pada ruang, bunyi dan warna. Adalah kami yang berkelindan dalam siklus kehidupan dalam suatu ruang bernama Banda. Kami berjalan dalam segala gerak keseharian; tanah, laut dan udara. Kami menyongsong dalam bayangan kebun-kebun pala. Kami mengarungi lautan hingga ke titik cakrawala. Terkadang bencana menerpa tanpa terduga. Kami bergelut, kami terhempas, kami tersungkur.

Namun kami menjejakkan telapak kaki pada tanah kami, bangkit meski perlahan, mengayuh meski berpeluh. Banda, Nagri Babunyi! Ya ya ya yo!”

 
 

 

TIM KAMI

Restu I. Kusumaningrum - Indepandent Producer & Artistic Director Purnati Indonesia | Sugianti Ariani - Director Theater & Ketua Pelaksana Purnati di Banda | Dian Nova Saputra - Dancer & Koreografer | Rika Faizal Rezza - Composer & Music director | Taufiq Ismail - Composer & Musician | Muhammad Afrizal - Actor & Performer  | Fendi Siregar - Fotografer & Vidiografer.

Punto Wijayanto, ST., MT. - Lecturer & Researcher (Department of Architecture, Trisakti University) | Dr. Eng. Ir. Laretna Trisnantari Adishakti, M.Arch - Lecturer and Coordinator of the Center for Heritage Conservation, Department of Architecture & Planning, Faculty of Engineering, Universitas Gadjah Mada in Yogyakarta

Fariza Rizky - Yayasan Bali Purnati & Manajemen Purnati di Banda

Yayasan Bali Purnati